Penanganan Luka Herpes Zoster

Sakit kepala sebelah dan leher belakang

Pertanyaan:

Halo Dok, saya terkena Herpes zoster beberapa hari yang lalu. Dan tadi saya gak sengaja menggaruk nya, jadi lukanya terbuka gitu (bentuknya masih kecil sih dok). Sebelum nya saya pakai salep alyclovir, tapi karena lukanya jadi pedih saya takut olesin salepnya, jadinya saya tetesin betadin, itu gak apa-apa kan dok? Dan apakah boleh saya lanjut lagi mengoleskan salepnya supaya virusnya gak makin berkembang? Terimakasih Dok

 

Dijawab oleh:

dr. Riza Marlina

Alo, selamat malam

herpes zooster atau dapat disebut dengan cacar ular atau cacar api yang merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zooster yang juga merupakan virus yang juga menjadi penyebab cacar air. umumnya virus cacar air yang sembuh tidak mati hanya saja menjadi tidak aktif dimana virus yang tidak aktif ini berpindah ke saraf di susmsum tulang belakang dan otak menetap selama bertahun-tahun. pada fase ini virus tidak menimbulkan gejala apa pun. namun akan tetapi pada kondisi tertentu virus yang menetap pad sel saraf tersebut bisa aktif kembali. virus yang aktif akan memepangaruhi sel saraf di kulit sehingga dapat menimbulkan gejala ruam herpes zooster di kulit penderitanya.

sampai sekarang belum dapat dipastikannya penyebab virus ini menjadi aktif kembali karena tidak semuanya yang terkena cacar air mengalami herpes zooster. ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan resiko terjadinya herpes zooster dianatranya usia diatas 50 tahun karena sistem imun makin melemah, stres serta akibat daya tahan tubuh melemah. gejala yang dialami oleh herpes zooster yaitu timbulnya lentingan berisi air seperti cacar yang muncul di jalursaraf dari saraf tulang belakang, seperti pada punggung, dada, dan perut.

See also  Anak Saya Salah Minum Susu Formula

penangnan herpes zooster dengan pemberian obat antivirus serta obat anti nyeri, untul lenting yang sudah pecah bisa diberikan obat oles antibiotik karena lenting yang pecah akan mudah terjadinya infeksi bakteri jadi yang anda lakukan mengoleskan salep antibiotik bukan salep antivirus ya. saran saya sebaiknya anda menemui dokter secara langsung atau melakukan chat via aplikasi alodokter untuk mendapatkan resep obat.

semoga dapat membantu

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.